5 Tahap Atau Langkah Jitu Menjadi Pebisnis Dropship Sukses

Bisnis Online - Tak ada orang yang tak bisa menjadi sukses, baik untuk urusan ekonomi atau pun kehidupan pribadi. Inilah yang memang harus selalu diingat oleh semua orang agar tak pernah merasa putus asa dan menyerah dengan hidupnya. Apalagi, di zaman serba maju ini Anda bisa menyediakan pasar Anda diri sendiri, bahkan untuk jarak yang cukup jauh. Dengan bantuan internet Anda bisa jualan ke seluruh daerah Indonesia bahkan Anda bisa menembus pasar Internasional.

Lalu, bagaimana jika Anda tidak punya modal? Kabar baiknya, tak semua usaha kini membutuhkan modal besar, salah satu caranya ialah dengan menjadi pebisnis dropship? Singkatnya, Anda menjadi penghubung antara orang yang membutuhkan barang atau jasa alias customer, dengan produsen asli.
Terdengar mudah, namun tentu saja Anda harus bisa memahami beberapa hal yang penting menjadi seorang pebisnis dropship.

Dalam bisnis dropship memang bisnis online yang tidak memerlukan modal, karena Anda tidak perlu menyetok produk, namun kejelian untuk memilih produk dan produsen atau suplier sangat dibutuhkan.
5 langkah jitu untuk pebisnis dropship
5 langkah jitu untuk pebisnis dropship

5 langkah jitu untuk pebisnis dropship

Nah, agar nantinya Anda tak melakukan terlalu banyak kesalahan, beberapa langkah atau tahap untuk bisa menjadi pebisnis dropship yang handal ialah sebagai berikut.

1. Tahapan Awal
Semua langkah yang akan dilakukan memang sebaiknya direncanakan terlebih dahulu. Mulailah dengan beberapa hal yang cukup mendasar, seperti mempertimbangkan produk apa yang akan dijual. Menentukan produk bagi seorang pebisnis dropship akan terasa mudah namun sulit.

Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ialah spesifikasi produk tersebut, mempertimbangkan apakah peminatnya akan tinggi atau tidak, ketahanan produk tersebut, kelegalan produk, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Akan lebih baik juga jika Anda memilih produk dengan ukuran yang tak terlalu besar, sehingga tak akan membutuhkan banyak pengorbanan untuk pengiriman. Sebaiknya, Anda juga tak memilih jenis produk yang terlalu banyak, karena akan lebih sering menyita pikiran juga tenaga Anda.

Setelah itu kenalilah produk Anda, agar mudah menjawab pertanyaan dari pembeli. Jika Anda menjawab pertanyaan dari pembeli dengan jelas dan pembeli merasa yakin dan percaya dengan produk Anda maka otomatis produk Anda bisa laku laris.

2. Mulai Menganalisis Kompetitor
Usaha apa pun yang Anda lakukan tentu akan selalu memiliki kompetitor. Apa yang harus Anda lakukan pada tahap ini agar bisa menjadi pebisnis dropship yang hebat? Setidaknya, catatlah 5 kompetitor Anda yang paling besar atau berat saat ini, pelajari apa keunggulan dan kelemahan mereka.

Anda bisa memanfaatkan online shop besar (tokopedia, bukalapak, dll) untuk membandingkan harga-harga kompetitor, Anda pun bisa sedikit melihat kualitas produk kompetitor dari testimoni yang sudah ada.

3. Mulai Mencari Supplier
5 langkah jitu untuk pebisnis dropship
Mencari supplier
Tahap ketiga ini juga bisa dikatakan menjadi salah satu penentu utama, apakah usaha Anda menjadi pebisnis dropship akan sukses atau tidak. Ada beberapa hal yang harus Anda temukan pada calon supplier Anda, sehingga nantinya kerja sama Anda dan supplier menjadi lancar.

Beberapa hal tersebut ialah harganya yang tidak terlalu mahal, bisa memberikan respon yang cepat, terpercaya dan juga memberikan komisi yang jelas, misalnya Anda bisa mendapatkan komisi berapa persen setiap kali berhasil menjual barang.

Jika Anda sulit untuk menemukan supplier, untuk awal bisa menggunkan online shop yang sudah memiliki fasilitas order sebagai dropship seperti shopee atau tokopedia. Dan tetap perhatikan poin-poin sebelumnya seperti harga serta respon penjual.

4. Mulai Tentukan Harga Jual
Karena customer Anda nantinya hanya tahu bahwa Andalah penjual produk tersebut, maka sudah pasti Anda harus bisa menentukan harga jual produk. Satu hal yang sangat penting, jangan sampai harga jual Anda menjatuhkan harga pasaran saat ini, karena pada akhirnya akan merugikan pelaku bisnis yang sama

Profit yang bisa diambil oleh seorang pebisnis dropship berkisar 10 – 20%. Nominal ini juga sudah bisa dikatakan lebih dari cukup, jika dipikir lebih jauh karena Anda tak mengeluarkan modal yang banyak. Untuk menentukan harga perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti harga kompetitor, ongkos kirim, dan tentunya keuntungan yang ingin Anda dapatkan.

Anda juga bisa menentukan Bonus atau Diskon untuk menarik pembeli, semisal jika membeli 1 barang harganya 10 ribu, dan "Diskon spesial jika membeli 3 sekaligus harganya 25 ribu". Disini pembeli akan lebih tertarik untuk membeli 3 karena potongan harga khusus. pada contoh ini Anda hanya mengambil keuntungan untuk 2 produk dari 3 produk yang Anda jual, lebih baik daripada hanya menjual 1 produk yang hanya mendapatkan 1 keuntungan.

Selain itu Anda bisa melakukan penggabungan produk, semisal Anda jualan casing hp custom. Anda bisa menjualnya jadi satu dengan pelindung layar hp (tempered glass). Jadi bahasa promosinya lebih menarik, "Beli casing hp custom bonus tempered glass". Disini Anda hanya mengambil keuntungan dari penjualan casing hp custom, namun disisi pembeli promosi ini sangat menarik dan kemungkinan terjadi transaksi penjualan juga cukup besar.

5. Melakukan Analisis dan Evaluasi Ulang
Sebagus apapun rencana yang sudah dibuat, namun terkadang bisa saja masih tak berjalan maksimal. ketika sudah beberapa bulan menjadi pebisnis dropship, akan sangat dianjurkan untuk melakukan analisis dan evaluasi ulang.

Hal ini akan sangat membantu Anda memahami lagi, apakah sistem yang sedang dijalankan sat ini sudah benar-benar pas, atau masih harus diberikan perbaikan dan penambahan lagi.

Bahkan Anda bisa menentukan akan mengganti produk atau tetap lanjut melihat seberapa banyak produk yang berhasil Anda jual dan berapa keuntungan yang Anda dapat. Tidak ada salahnya Anda mengganti produk, atau mencoba produk baru yang musiman seperti menjual aksesoris natal di bulan Desember dan menjual kurma di bulan Ramadhan.

Dengan kelima langkah menjadi pebisnis dropship tadi, semoga bisa membantu Anda yang sedang ingin mencari pekerjaan tambahan atau pekerjaan utama. Dimana Anda bisa memulai bisnis online tanpa modal, namun tetap mendapatkan keuntungan besar.

Ingat yang terpenting pada bisnis dropship yaitu memilih produk, mencari supplier, strategi penjulan, layanan kepada pembeli, dan evaluasi. Dengan memperhatikan hal-hal itu Anda bisa menjadi sukses dalam bisnis dropship ini. Namun tetap harus ingat bahwa Anda sebaiknya tidak langsung menyerah ketika mendapatkan batu sandungan.

0 Response to "5 Tahap Atau Langkah Jitu Menjadi Pebisnis Dropship Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel