Apa Itu Dropshiper? Dan Bagaimana Menjadi Dropshipper?

Bisnis Online - Pasti sudah sering Anda mendengar istilah bisnis dropship. Bisnis dropship salah satu dari bisnis online sedang menjadi trend akhir-akhir, karena mudah dan hampir tidak perlu modal sama sekali. Untk Anda yang tertarik tentang bisnis online, berikut sedikit ulasan mengenai dropshiper dan bagaimana caranya menjadi dropshiper.

Apa itu dropship dan dropshiper

Apa Itu Dropshiper? Dan Bagaimana Menjadi Dropshipper?
Apa itu dropship dan dropshiper
Dropship adalah metode menjualkan barang orang lain dengan tidak menstok barang dan mengirim barang kepada pembeli karena semua itu sudah dilakukan oleh supplier, terus apa itu dropshiper? Dropshiper adalah orang atau pelaku usaha dari bisnis dropship tersebut. Sehingga seseorang yang menggeluti bisnis ini tidak perlu repot-repot untuk mengurus masalah barang dan packing, tinggal meneruskan pesanan dari konsumen kepada supplier.

Nah karena tidak perlu menyediakan stok barang dan packing maka bisnis ini hampir tidak memerlukan modal sama sekali, namun disisi lain bisnis ini memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan yang besar

Bagaimana caranya menjadi dropshiper

Nah, setelah Anda mengetahui apa itu dropshiper apakah Anda ingin mencobanya? Apabila Anda ingin mencoba untuk memulai bisnis sebagai dropshiper, sebaiknya Anda menyimak beberapa cara untuk menjadi seorang droshiper yang sukses tanpa banyak mengeluarkan modal sehingga Anda tidak akan merasa gagal dalam berbisnis sebagai dropshiper. Berikut cara untuk menjadi dropshiper.

1. Memilih produk yang akan dijual
Langkah pertama setelah Anda mengetahui apa itu dropshiper dan bagaimana memulai sebagai dropshiper adalah menentukan produk yang akan dijual terlebih dahulu, produk yang dijual bisa berupa produk fisik atau jasa.

Nah, untuk menentukan hal ini sebaiknya Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu, kira-kira produk apa saja yang laku di pasaran, jangan sampai Anda salah dalam memilih sebuah produk sehingga menghambat dalam penjualannya.

Untuk permulaan Anda bisa menggunakan produk musiman atau yang lagi trend saat ini, mengenai informasi ini bisa didapatkan dari sosial media, misalnya pernak-pernik yang berbau korea dengan target pembeli adalah wanita di umur 15-30 tahun.

2. Memilih supplier terpercaya
Memilih supplier yang terpercaya menjadi salah satu hal yang berpengaruh dalam suksesnya bisnis dropship ini. Karena kecepatan, ketepatan dan kualitas produk dari supplier ikut berpengaruh kepada kepuasan konsumen Anda, sehingga dalam memilih supplier Anda harus benar-benar selektif dan harus mempunyai reputasi dan track record yang baik pula. Jangan sampai merugikan Anda dan konsumen Anda.

Carilah supplier yang merespon dengan cepat, memiliki track recort pengiriman cepat, dan testimoni dari konsumen yang telah membeli produknya. Dengan memperhatikan hal-hal itu Anda bisa mengetahui gambaran umum tentang kualitas dari supplier.
Apa Itu Dropshiper? Dan Bagaimana Menjadi Dropshipper?
bisnis dropship

3. Promosi penjualan
Langkah selanjutnya apa bila dua langkah di atas sudah dilalui adalah melakukan promosi produk yang akan Anda jual. Banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam promosi supaya barang yang Anda jual cepat dikenali atau di ketahui oleh banyak orang. Salah satunya adalah dengan memasarkan melalui media sosial yang Anda miliki, karena sebuah promosi dalam bidang penjualan merupakan hal yang sangat diperlukan.

Jangan lupa pasanglah produk Anda di marketplace-marketplace besar seperti tokopedia, bukapak, oxl, dan shopee karena marketplace tersebut sudah memiliki banyak pengunjung, jadi semakin banyak pula kesempatan untuk produk Anda laku.

4. Fokus pada produk tertentu
Sebagai pemula sebaiknya Anda menjual produk dengan satu jenis atau satu kategori saja, karena apabila Anda memulai bisnis dropship langsung menjual berbagai macam produk Anda akan kesulitan dalam mengontrol pesanan, sehingga dalam pelayanan kepada konsumen akan berkurang.
Baru apabila Anda sudah mahir dalam bisnis ini bisa menambahkan produk yang lain untuk dijual.

Selain itu dengan fokus pada satu kategori produk Anda akan semakin memahami produk yang Anda jual dan ini bermanfaat untuk menyusun strategi pemasaran, target pembeli produk Anda hingga mampu dengan cepat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembeli, ujungnya adalah meningkatkan penjualan dan keuntungan Anda.

5. Pelayanan yang prima
Istilah pembeli adalah raja memang ada benarnya, karena Anda sebagai penjual harus melayani dengan sangat ramah kepada pembeli. Hal ini juga berlaku dalam bisnis dropship, Anda harus melayani pembeli dengan cepat dan ramah, sehingga pembeli yang membeli produk dari Anda akan merasakan kepuasan dalam pelayanan penjualan. Karena pelayanan juga menjadi faktor penting dalam bisnis dropship ini.

Untuk mempunyai layanan prima kuncinya adalah Anda harus memahami produk yang Anda jual sehingga dengan cepat bisa merespon ataupun menjawab pertanyaan dari pembeli.

6. Memanfaatkan fasilitas yang ada
Apabila Anda mempunyai sebuah komputer atau laptop, maka manfaatkanlah alat tersebut untuk menunjang bisnis dropship ini, karena pada dasarnya bisnis dropship dilakukan dengan cara online sehingga Anda bisa memanfaatkan komputer yang Anda miliki dengan menambahkan koneksi internet.

Namum apabila Anda hanya mempuyai sebuah smatphone saja tidaklah masalah asalkan koneksi internet tetap berjalan untuk melakukan penjualan dalam system dropship.

Itu semua cara bisa Anda lakukan apa bila Anda sudah benar-benar paham apa itu dropshiper, sehingga dalam memulainya Anda tidak bingung dengan sistem dropship yang ada di masyarakat sekarang ini.

Atau jika Anda ingin mendapatkan untung besar dengan modal kecil, Anda bisa memanfaatkan crosselling antar marketplace besar. Caranya bandingkan produk antara marketplace-marketplace yang ada saat ini, misal cari aksesoris natal di shopee dan tokopedia, mana yang lebih murah, jika lebih murah shopee maka Anda bisa menjualnya di tokopedia, dan jika ada order dari tokopedia Anda bisa memesannya dari shopee, begitu pula sebaliknya, mudah kan?Karena kedua marketplace itu sudah memiliki fitur order sebagai dropship.

Selamat berkreativitas, dan lakukan sekarang. Semoga Anda suda sedikit menegal tentang apa itu dropshiper dan bagaimana menjadi dropshipper. Terima kasih sudah berkunjung.

0 Response to "Apa Itu Dropshiper? Dan Bagaimana Menjadi Dropshipper?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel