Apa Keuntungan dan Kerugian dalam Bisnis Dropship

Bisnis Online - Pasti Anda sering mendengar istilah dropship, sebenarnya apa itu dropship? mungkin Anda masih mengira bahwa bisnis dropship dan reseller itu sama, namun pada kenyataannya kedua model bisnis itu berbeda kalau reseller mewajibkan penjual untuk membeli produk dari supplier untuk stok, kemudian baru menjual kepada konsumen, sedangkan dropship tidak mewajibkan untuk membeli dari supplier.

Sehingga dropship tidak perlu melakukan penyetokan barang dan pengemasan untuk dikirmkan kepada konsumen. Karena penjual hanya akan memasang foto-foto produk yang dijual di sebuah website, market place atau media sosial sebagai sarana untuk berjualan.

Jadi ketika ada pembeli seorang dropshiper hanya meneruskan pesanan ke supplier dengan memberikan data secara lengkap kemudian supplier mengirimkan barang pesanan dengan mencantumkan nama toko Anda. 
Apa Keuntungan dan Kerugian dalam Bisnis Dropship
bisnis dropship
Bisnis dropship memang kelihatannya mudah untuk dilakukan, karena penjual bisa melakukanya dimana saja dan kapan saja yang penting ada koneksi internet. Namun tahukah Anda dalam sebuah bisnis pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, nah berikut ini kelebihan dan kekurangan bisnis dropship .

Kelebihan bisnis dropship

Berikut adalah beberapa kelebihan bisnis dropship yang bisa menjadi pertimbangan anda untuk terjun dalam bisnis ini:

  1. Tanpa modal
    Untuk menjalankan bisnis ini Anda tidak perlu mengeluarkan modal, karena Anda hanya perlu memposting foto produk di website atau di media sosial Anda untuk memasarkannya. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyetok barang, karena semua stok barang ada di supplier Anda.
  2. Tidak ada biaya operasional
    Dropship tidak memerlukan biaya operasional, seperti membayar karyawan, membayar sewa toko dan membayar listrik layaknya toko konvensional, dropship hanya memerlukan koneksi internet saja untuk menjalankan bisnis tersebut.
  3. Praktis
    Dalam bisnis ini Anda tidak direpotkan dengan penyetokan barang, sortir barang, packing barang serta pengiriman barang kepada konsumen, karena semua itu sudah menjadi tanggung jawab oleh supplier Anda.
  4. Bisa dilakukan dimana saja
    Untuk melakukan bisnis ini Anda tidak perlu repot-repot berangkat pagi untuk membuka toko, bisnis dropship bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bahkan ketika Anda sedang berada diluar kota pun masih tetap bisa menjalankan bisnis ini.
  5. Nama toko tercantum
    Meskipun dari proses penyetokan hingga pengiriman barang dilakukan oleh supplier, nama toko Anda akan tetap tertera sebagai pengirimnya karena supplier dalam pengiriman hanya akan mencantumkan nama toko Anda.
Bingung mencari suplier barang dropship dimana, mungkin untuk awal anda bisa memanfaatkan di online shop besar seperti tokopedia, lazada, dan shopee carilah barang dengan harga termurah dan reputasi penjual bagus.


Kekurangan bisnis dropship

Selain mempunyai kelebihan, pastilah bisnis ini memiliki kekurangan, berikut ada beberapa kekurangan yang mungkin mulai anda antisipasi dan pikirkan jalan keluarnya jika ingin memulai bisnis dropship

  1. Masalah stok barang
    Infromasi mengenai stok yang sulit diketahui secara real time, karena semua stok data ada pada supplier. Bisa saja ada barang yang akan dibeli ternyata stoknya kosong dan informasi dari supplier kurang update. Sehingga menghambat dalam transaksi penjualan.
  2. Margin kecil
    Keuntungan yang di ambil dari bisnis ini tidaklah terlalu besar, karena harga jual biasanya tidak akan jauh beda dengan yang di tentukan oleh supplier. Sebenarnya bisa saja Anda menaikkan harganya yang tinggi tapi itu bisa beresiko terhadap kepercayaan konsumen.
  3. Complain pelanggan
    Ketika supplier melakukan kesalahan missal keterlambatan pengiriman atau barang yang dikirim tidak sesuai dengan diskripsi maka Anda akan yang pertama mendapatkan complain dari pelanggan. Karena Anda tidak bisa mengontrol 100% dalam proses pengiriman barang.

Pada dasarnya bisnis dropship bisa menjadi pilihan untuk memulai bisnis online selain mudah tentunya bisnis ini hampir tidak menggunakan modal uang, namun bisnis dropship bisa menghasilkan untung yang lumayan, setelah menghasilkan untuk mungkin Anda bisa mulai berkembang untuk naik ke step bisnis reseller dengan modal keuntungan dari bisnis dropship ini.

Itulah sedikit ulasan tentang bisnis dropship, jadi bagi Anda yang baru memulai bisnis ini harus tetap belajar dari pengalaman orang-orang yang sudah sukses. Dan Anda harus melayani pembeli dengan tulus dan sabar sesuai dengan slogan yang ada di masyarakt yaitu Pembeli adalah Raja , karena kadang ada pembeli yang hanya menanyakan produk saja tanpa membelinya.

0 Response to "Apa Keuntungan dan Kerugian dalam Bisnis Dropship"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel